Manfaat Minyak Bulus Untuk Kulit Gatal Disertai Ruam

manfaat minyak bulus untuk kulit gatal

Minyak bulus untuk kulit gatal – Kulit gatal merupakan jenis penyakit kulit yang seringkali dianggap sepele oleh beberapa orang. Rasa gatal pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti karena seringnya beraktivitas di ruangan terbuka bagi yang memiliki kulit sensitif, infeksi jamur, atau bahkan karena alergi pada makanan tertentu.

Gangguan kulit gatal merupakan keluhan yang lumrah dialami oleh semua orang. Namun terkadang jika rasa gatal itu tak kunjung hilang tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, selain itu gatal juga dapat menurunkan rasa percaya diri kita karena adanya bercak merah pada kulit setiap kita menggaruk. Biasanya, kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun ada juga yang memerlukan penanganan khusus menggunakan obat.

Salah satu minyak yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit yaitu minyak bulus.Minyak ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Tak jarang pula berbagai agen yang menjual minyak ini.

 

Apakah Itu Minyak Bulus?

Minyak bulus merupakan jenis obat tradisional yang dibuat dari bahan lemak hewan amfibi yaitu bulus yang telah dijemur di bawah terik sinar matahari selama 30 hari. Tentunya minyak ini bukan merupakan jenis minyak yang susah didapatkan di Indonesia.

Di Kalimantan, mayoritas penduduknya membudidayakan bulus dikarenakan banyaknya manfaat yang dimiliki apalagi manfaat minyak bulus untuk kulit gatal. Namun, tidak banyak dari kita yang mengetahui apa manfaat minyak bulus untuk kulit gatal khususnya terutama bagi kesehatan dan perawatan kulit. Minyak ini memiliki beberapa kandungan vitamin yaitu vitamin E, vitamin C, dan vitamin A. Ada begitu banyak manfaat terutama manfaat minyak bulus untuk kulit gatal, berikut ini merupakan manfaat minyak bulus berdasarkan kandungannya antara lain.

  1. Mengencangkan kulit keriput
  2. Menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat
  3. Menghilangkan bekas akibat luka bakar, dll.

 

Penyebab Kulit Gatal

Seringkali kita merasakan rasa gatal yang tidak kunjung reda pada kulit hingga meninggalkan luka lecet karena kita terus menggaruk kulit dan tentunya hal itu sangat mengganggu.Hal ini dikarenakan kulit memiliki sensitifitas terhadap rangsangan dari luar.Rasa gatal biasanya dibarengi dengan munculnya ruam atau kulit kemerahan. Bahkan tidak sedikit dari kita yang mulai berpikir bahwa ini merupakan indikasi dari penyakit serius.

Rasa gatal pada kulit seringkali disebabkan oleh banyak faktor seperti infeksi jamur, berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama juga merupakan salah satu penyebab rasa gatal terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Oleh sebab itu dianjurkan jika gatal mulai terasa ada baiknya jika kita tidak menggaruk permukaan kulit dengan kasar karena justru hal ini akan menimbulkan adanya lecet yang dapat menyebabkan iritasi berkepanjangan.

 

Cara Menggunakan Minyak Bulus Untuk Kulit Gatal

Karena adanya kandungan vitamin E yang banyak terkandung pada minyak bulus untuk kulit gatal, di bawah ini merupakan cara mengobati menggunakan minyak bulus untuk kulit gatal berdasarkan step by step.

  1. Langkah pertama menggunakan minyak bulus untuk kulit gatal yaitu membersihkan dahulu bagian kulit yang gatal menggunakan air hangat atau obat antiseptik yang banyak dijual di apotek;
  2. Langkah kedua menggunakan minyak bulus untuk kulit gatal yaitu mengeringkan kulit menggunakan kain handuk yang memiliki serat kain kecil sehingga tidak menimbulkan kesan kasar pada kulit karena kulit gatal cenderung sensitif terhadap gesekan;
  3. Langkah ketiga menggunakan minyak bulus untuk kulit gatal yaitu mengoleskan minyak bulus secara merata pada permukaan kulit yang gatal dan tunggu selama 25 – 30 menit;
  4. Langkah keempat menggunakan minyak bulus untuk kulit gatal adalah menunggu minyak hingga meresap ke dalam kulit, lalu bilas menggunakan air hangat.

 

Ulangi langkah-langkah tersebut hingga beberapa kali sampai rasa gatal pada kulit anda benar-benar hilang. Serta jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan melalui konsumsi vitamin dan pola makan teratur agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit. Namun apabila rasa gatal tak kunjung reda, segera konsultasikan ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan lanjut.

 

Mengungkap Manfaat Minyak Bulus Secara Medis dan Kedokteran

 

Reaksi Setelah Pemakaian Minyak Bulus Waspada!!!

pabrikminyakbulus